Iklan

Senin, 18 Februari 2013

Saat ini tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa perang smartphone terus terjadi hingga sekarang. Tak terkecuali pada sistem operasinya. Saat ini semakin banyak dan semakin update sistem operasi di smartphone. Contohnya saja seperti Android Jelly Bean (android v.4.2), Blackberry 10, iOS 6, dan Windows 8 yang kesemuanya menjadi populer.
Seiring dengan semakin inovatifnya dan kreatifnya developer, sehingga memacu untuk membuat sebuah Operating Sistem baru untuk menjadi opsi bagi pengguna. Saat ini sudah ada beberapa rumor yang muncul tentang OS baru untuk smartphone. Dari beberapa rumor tersebut, kemungkinan akan terjadi pada tahun 2013 ini. Nah, mau tahu apa saja sistem operasi tersebut? Mari kita simak bersama, OS apa saja yang mungkin akan hadir di tahun 2013 ini.
1. Tizen

OS Tizen
Sistem operasi Tizen adalah proyek bersama dari Intel dan Samsung untuk membuat opsi sistem operasi. Ini sebenarnya adalah terusan dari OS yang dulu pernah mencuat, yaitu MeeGo yang diisukan akan keluar dari Nokia sebagai partner dari intel. Namun hal itu gagal, dan diteruskan intel dengan Samsung. Tizen ini merupakan OS yang berbasis Open Source, sama seperti Android. Rencananya, Operating Siste yang kemungkinan besar hadir di tahun 2013 ini akan disematkan di smartphone. Tak hanya itu saja, kemungkinan juga pada tablet ataupun Smart TV.
2. Ubuntu
Ubuntu OS
Pada tahun 2012 lalu, isu tentang akan hadirnya Operating Sistem Ubuntu, akan mewarnai smartphone juga. Namun ternyata itu adalah abenar. Canonical telah memperkenalkan sistem operasi ubuntu untuk smartphone ini pada awal tahun 2013 lalu. Pendiri Canonical mengklaim, bahwa sistem operasi ini memiliki interface lebih friendly ketimbang sistem operasi yang saat ini beredar. Namun sayangnya, Sistem Operasi ini akan tidak beredar saat ini, melainkan pertengahan 2013 atau bahkan awal 2014 nanti.
3. Firefox OS
Firefox OS
Firefox OS adalah salah satu Operating Sistem yang juga baru diluncurkan pada tahun 2013 ini. Mozilla mengatakan, bahwa sistem operasi ini juga tak kalah dengan sistem operasi seperti Android ataupun iOS yang saat ini sedang populer. Selain itu, OS ini juga diklaim lebih ringan. Karena ponsel ini berbasis teknologi HTML5 yang dikenal cukup ringan. Rencananya, pada kuartal pertama tahun 2013 ini akan ada ponsel yang menggunakan Firefox OS.
4. Sailfish
Jolla Sailfish
Sailfish adalah salah satu Operating Sistem yang dikembangkan oleh sejumlah developer mantan developer Nokia yang dulunya mengembangkan MeeGo. Developer ini tidak puas, karena dulunya meninggalkan project MeeGo begitu saja. Sehingga mereka membuat sebuah perusahaan sendiri yang bernama Jolla dan mengembangkan sistem operasi MeeGo dan memodiikasinya. Sehingga muncullah Sailfish yang kemungkinan akan diperkenalkan pada kuartal pertama tahun 2013 ini.
Seperti yang kita ketahui, Sailfish merupakan modifikasi dari MeeGo, yang menggunakan sistem swipe atau geser. Sehingga, kemungkinan ini akan menjadi keunggulan tersendiri bagi Sailfish. Selain itu, Sailfish ini berbasis Open Source, sehingga jika sebuah perusahaan dapat mendapatkan lisensi dan menggunakan Sailfish OS di produk mereka.
Nah, itulah 4 Sistem Operasi Smartphone terbaru di 2013 ini. Semoga saja OS yang hadir pada tahun ini akan seperti yang diharapkan pengguna. Terutama kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Oke, mungkin itu saja yang saat ini bisa ditulis. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang membaca.

0 komentar: